posting

Friday, September 01, 2006

Pengalaman unik bagi saya pada waktu mengikuti lomba robotika se-kota Malang untuk kalangan mahasiswa. Dengan pengetahuan yang masih kurang untuk hal - hal yang behubungan dengan robot, ini adalah pertama kali mengikuti event atau pertandingan yang menggunakan device elektronika. Dengan bantuan teman - teman dan ajakan seorang teman akhirnya saya ikut serta dalam team. Kami memulai persiapan jauh sebelumnya dengan membuat mekanik terlebih dahulu, lalu berunding dengan masalah hardware dan software dengan teman - teman dan para senior yang turut membantu. Akan tetapi perjalanan tersebut tidak semulus yang telah diperkirakan, ada beberapa macam hal yang menghalangi seperti adanya ujian semester, teman - teman yang pulang kampungnya setelah ujian sehingga membuat proses kerja menjadi terhambat.
Kemudian kita kembali dalam proses dan langsung memulai pekerjaan kita masing - masing, mengingat waktu perlombaan telah dekat. Tetapi masalah kembali datang ketika semua mekanik, hardware, dan software telah terpasang ternyata robot kita tidak mau jalan alias error, teman - teman langsung ke tempat senior kita yang bernama Faisol yang lebih mengetahui tentang elektronika.
Hari telah dekat dengan perlombaan namun robot belum kunjung selesai, hal tersebut membuat kita panik bahkan pada saat test drive satu hari sebelumnya robot kita masih belum bisa berjalan dengan seperti yang kita inginkan. Lalu ada salah satu senior kami yang sudah lulus membantu kami dalam merakitnya dan mengatakan ada masalah di bagian mekaniknya, tidak ambil pusing malam itu langsung kita kerjakan dengan merombak seleuruh mekanik yang ada, salah satunya dengan mengganti ban besar menjadi ban yang lebih kecil, dan peletakan ban yang harus berada di belakang sensor. pekerjaan ini membuat kita semua lelah dan bekerja bergiliran. Setelah semua selesai akhirnya robot dapat berjalan sesuai dengan kehendak kita tepat jam 5 pagi sebelum lomba berlangsung pada jam 9 pagi.
Tidak sia - sia kita bekerja keras, dengna susah payah akhirmya kita dapat mengikuti lomba dan hal yang paling menyenangkan kita menjuarai lomba tersebut, sungguh suatu hal yang tidak terduga sama sekali. Sungguh Pengalaman yang unik






halaman utama

0 Comments:

Post a Comment

<< Home